Ahli waris promotor konser Sid Bernstein menegaskan kepemilikan atas master rekaman dari tahun 1965 kinerja The Beatles 'di Stadion Shea.
Di ambang rilis bulan lalu Delapan Hari Seminggu - The Touring Tahun, film Ron Howard yang diarahkan menampilkan pertunjukan live dari The Beatles, gugatan mengejutkan diajukan oleh perusahaan ditugaskan kekayaan intelektual Sid Bernstein.
Bernstein adalah promotor batu terkenal di tahun 1960-an, dikreditkan dengan membawa The Beatles ke Amerika Serikat, yang meninggal pada usia 95 pada tahun 2013. Gugatan difokuskan pada peran dia menikmati untuk 1965 kinerja The Beatles 'di Stadion Shea, yang telah tampil di ABC pada tahun 1967, di tahun 1995 docuseries televisi The Beatles Anthology, sebuah Billy Joel film konser 2010 disebut The Play terakhir di Shea dan, terakhir dan paling tidak, sebagai bahan tambahan berikut pemutaran Eight Days Seminggu. Rekaman itu juga dialirkan di website Beatles.com.
Setelah lima dekade, Sid Bernstein Hadirkan kini mengklaim hak untuk kedua rekaman itu kinerja Stadion Shea dan meskipun melihat Kantor Hak Cipta menolak permohonan pendaftaran hak cipta pada bulan Juli, menegaskan pelanggaran pada bagian dari dua perusahaan Beatles-terkait, Apple Corps Limited dan Subafilms Limited.
Pada hari Rabu, terdakwa mengajukan mosi untuk mengabaikan keluhan yang menolak "sembrono" Gagasan bahwa Bernstein adalah penulis dan pemilik hak cipta dari film konser Shea Stadium.Penggugat menuduh bahwa Bernstein mengusulkan ide untuk konser dengan manajer Beatles 'Brian Epstein, bahwa kontrak yang diberikan perusahaan Epstein memiliki hak untuk film dan merekam pertunjukan, tapi itu Bernstein "direncanakan, dikelola dan dibayar untuk hampir setiap aspek dari produksi."
Keterlibatan Epstein adalah diduga "terbatas untuk menyediakan layanan dari Beatles dan tindakan pembukaan di konser untuk Sid, dan mempekerjakan awak Ed Sullivan untuk film dan audiorecord kinerja."
Ini mungkin benar, tetapi Apple Corps dalam upaya pemecatan yang menekankan yang telah terjangkit "tunggal dan eksklusif yang tepat" dengan film - pendahulunya, Nems Enterprises, dikendalikan pada saat oleh Epstein. terdakwa mengambil pada pengakuan bahwa Bernstein hanya "mengamati syuting dan rekaman."
"Penggugat mengakui bahwa Bernstein tidak punya kendali atas atau masukan ke dalam pembuatan film konser atau dalam produksi film yang dihasilkan, The Beatles di Stadion Shea," menyatakan singkat pengadilan dari Beatles pengacara Paul LiCalsi dan Michael Kolcun. "Akhirnya, Penggugat mengakui bahwa Bernstein, sepanjang hampir lima puluh tahun setelah konser Shea Stadium sampai kematiannya pada 2013, tidak pernah menegaskan klaim kepengarangan atau kepemilikan hak cipta dalam film konser - yang pertama kali ditayangkan secara nasional pada tahun 1967 - meskipun konsisten , terkenal, dan klaim eksklusif kepemilikan oleh Nems, Apple, dan Subafilms, yang semuanya dikecualikan Bernstein dari setiap penerimaan dari berbagai eksploitasi mereka dari film. "Subafilms memperoleh pendaftaran hak cipta pada tahun 1988.
Hampir tiga dekade kemudian, Juli lalu, Sid Bernstein Presents mengajukan permohonan sendiri untuk master rekaman. Yang menolak, menurut pengaduan penggugat, karena itu "merugikan" untuk tahun 1988 pendaftaran dan karena Sid Bernstein Presents tidak memiliki akses langsung ke master rekaman asli.
Kantor Hak Cipta penolakan bukanlah sebuah bar untuk mengajukan gugatan, tapi penggugat harus menunjukkan ia memiliki lebih dari derivatif yang tidak sah. Perusahaan Bernstein datang maju dengan teori bahwa promotor "membuat kontribusi copyrightable independen untuk pekerjaan yang terkandung dalam Tapes Master" dan bahwa "Bernstein adalah majikan untuk menyewa dari The Beatles dan tindakan pembukaan, yang dilakukan pada contoh dan biayanya , dan kontribusi copyrightable the Beatles dan tindakan pembukaan vested dalam dirinya. "
Para terdakwa berpendapat ini adalah "ikan merah," bahwa bahkan jika hakim yang mengabaikan kontrak di tangan, rekaman bukanlah pekerjaan-untuk-menyewa.
"Upaya Penggugat untuk menyamakan acara konser dengan film konser adalah sia," berpendapat LiCalsi dan Kolcun, yang pergi menggunakan tuduhan penggugat sendiri untuk melemahkan dalil bahwa rekaman datang pada contoh dan biaya Bernstein.
Berikut memorandum penuh, yang juga membahas bagaimana Bernstein seharusnya "kontribusi kreatif," seperti memutuskan penempatan tahap dan orientasi anggota band, tidak menghasilkan penulis dan kepemilikan hak cipta dengan anggukan untuk kasus hak cipta terkenal lebih Kepolosan Muslim serta versi 2 Sirkuit ini.
Sumber : hollywoodreporter
0 comments :
Posting Komentar